A. Tujuan Pendidikan SMK
Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya (UU SPN DAN PP. No. 19 Tahun 2005).
B. VISI SMK Negeri Ampera
Visi Sekolah
“Menjadikan SMK Negeri Ampera sebagai SMK yang unggul dalam prestasi, terampil, mandiri, berdaya saing global, yang berlandaskan IPTEK dan IMTAK”
Indikator Visi SMK Negeri Ampera
1. Terwujudnya kurikulum SMK Negeri Ampera yang relevan, berkwalitas dan handal
2. Terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan serta program pendidikan yang mengarah
pada pembentukan watak yang berjiwa religius, berakhlaq terpuji serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Terwujudnya tenaga pendidik dan kependidikan yang berkwalitas, berkompeten dan profesional
4. Terwujudnya pengelolaan sekolah yang trnasparan dan akuntabel
5. Terwujudnya sarana prasarana yang modern dan sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi, informatika dan komunikasi
6. Terwujudnya pembiyaan yang memadai dengan mengupayakan dari berbagai sumber
7. Terwujudnya penilaian yang objektif dan berkesinambungan
8. Terwujudnyakompetensi lulusan yang memperoleh nilai diatas standar dan pengalaman belajar yang berperilaku sesuai aturan/
tata tertib sekolah
Visi Farmasi Klinis dan Komunitas
“Menjadikan SMK Negeri Ampera sebagai lembaga pendidikan yang profesional dan berkompeten, dalam mengembangkan diri serta menguasai bidang teknologi kesehatan dan kefarmasian, untuk memasuki dunia kerja”.
Indikator Visi Program Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas
1. Terwujudnya pemahaman tentang dasar-dasar kimia dan prinsip kerja kefarmasian
2. Tewujudnya penerapan tentang dasar-dasar kerja di laboratoriuman resep dan kimia
3. Terwujudnya pemahaman tentang standar baku pembanding, larutan baku, dan larutan pereaksi
4. Terwujudnya pemahaman tentang CPOB, CPKB, dan CPOTB
5. Tewujudnya penerapan tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)
6. Terwujudnya pelaksanaan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
7. Terwujudnya pemahaman tentang dasar-dasar kefarmasian
8. Terwujudnya penerapan tentang tata tertib kerja di laboratorium resep
9. Terwujudnya pendiskripsian tentang penggolongan obat
10. Terwujudnya pemahaman tentang penggolongan PKRT dan alat kesehatan
11. Terwujudnya pemahaman tentangdasar-dasar farmakologi
12. Terwujudnya pemahaman tentangdasar-dasar penyakit
13. Terwujudnya penerapan tentang swamedikasi
14. Terwujudnya penerapan tentang pembuatan sediaan obat sesuai resep dokter di bawah pengawasan apoteker
15. Terwujudnya penerapan tentang manajemen dan administrasi di bidang farmasi
16. Terwujudnya penerapan tentang akuntansi dalam bidang farmasi
17. Terwujudnya penerapan tentang prinsip-prinsip preformulasi
18. Terwujudnya pemahaman tentang teknik pembuatan sediaan obat, dalam skala kecil dan dalam skala industri
19. Terwujudnya pemahaman tentang pengujian sediaan obat, obat tradisional dan fitofarmaka
20. Terwujudnya pemahaman tentang farmakognosi
21. Terwujudnya pembuatan obat tradisional dan dan fitofarmaka
22. Terwujudnya penerapan tentang distribusi sediaan obat bebas, bebas terbatas, dan obat keras, obat psikotropika dan narkotika
23. Terwujudnya penerapan tentang ilmu kesehatan masyarakat
Misi SMK Negeri Ampera
Misi Sekolah
a. Mewujudkan kurikulum SMK Negeri Ampera yang relevan, berkuaalitas dan handal
b. Terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan serta program pendidikan yang mengarah pada pembentukan watak yang berjiwa religius, berakhlaq terpuji serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Mewujudkan pengelolaan sekolah yang transparan dan akuntabel
d. Mewujudkan sarana prasarana yang modern dan sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi, informatika dan komunikasi
e. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, berkwalitas dan berkompeten
f. Mewujudkan pembiyaan yang memadai dengan mengupayakan dari berbagai sumber
g. Mewujudkan penilaian yang objektif dan berkesinambungan
h. Mewujudkan kompetensi lulusan yang memperoleh nilai diatas standar dan pengalaman belajar yang berperilaku
sesuai aturan/tata tertib sekolah
Tujuan SMK Negeri Ampera
Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin dicapai oleh SMK Negeri Ampera dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Terlaksananya kurikulum SMK Negeri Ampera yang relevan, berkwalitas dan handal
b. Terlaksananya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan serta program pendidikan yang mengarah pada pembentukan watak yang berjiwa religius, berakhlaq terpuji serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Terlaksananya pengelolaan sekolah yang trnsparan dan akuntabel
d. Terlaksananya sarana prasarana yang modern dan sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi, informatika dan komunikasi
e. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, berkwalitas dan berkompeten
f. Terpenuhinya pembiyaan yang memadai dengan mengupayakan dari berbagai sumber
g. Terpenuhinya penilaian yang objektif dan berkesinambungan
h. Terpenuhinya kompetensi lulusan yang memperoleh nilai diatas standar dan pengalaman belajar yang berperilaku sesuai aturan/tata tertib sekolah
Tujuan Program Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas
Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara umum tujuan Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang Farmasi Klinis dan Komunitas. Secara khusus tujuan kompetensi keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas, antara lain:
1. Terpenuhinya pemahaman tentang dasar-dasar kimia dan prinsip kerja kefarmasian
2. Terlaksananya penerapan tentang dasar-dasar kerja di laboratoriuman resep dan kimia
3. Terpenuhinya pemahaman tentang standar baku pembanding, larutan baku, dan larutan pereaksi
4. Terpenuhinya pemahaman tentang CPOB, CPKB, dan CPOTB
5. Terlaksananya penerapan tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)
6. Terlaksananya kerjasama dengan kolega dan pelanggan
7. Terpenuhinya pemahaman tentang dasar-dasar kefarmasian
8. Terlaksananya penerapan tentang tata tertib kerja di laboratorium resep
9. Terpenuhinya pemahaman tentang penggolongan obat
10. Terpenuhinya pemahaman tentang penggolongan PKRT dan alat kesehatan
11. Terpenuhinya pemahaman tentangdasar-dasar farmakologi
12. Terpenuhinya pemahaman tentangdasar-dasar penyakit
13. Terlaksananya penerapan tentang swamedikasi
14. Terlaksananya penerapan tentang pembuatan sediaan obat sesuai resep dokter di bawah pengawasan apoteker
15. Terlaksananya penerapan tentang manajemen dan administrasi di bidang farmasi
16. Terlaksananya penerapan tentang akuntansi dalam bidang farmasi
17. Terlaksananya penerapan tentang prinsip-prinsip preformulasi
18. Terpenuhinya pemahaman tentang teknik pembuatan sediaan obat, dalam skala kecil dan dalam skala industri
19. Terpenuhinya pemahaman tentang pengujian sediaan obat, obat tradisional dan fitofarmaka
20. Terpenuhinya pemahaman tentang farmakognosi
21. Terlaksananya pembuatan obat tradisional dan dan fitofarmaka
22. Terlaksananya penerapan tentang distribusi sediaan obat bebas, bebas terbatas, dan obat keras, obat psikotropika dan
narkotika
23. Terlaksananya penerapan tentang ilmu kesehatan masyarakat
Share to :